Rabu, 28 Oktober 2020

Penggunaan Aplikasi Google Form Membuat Pembelajaran DARING (Online) Menjadi Semakin Menyenangkan Oleh ; Drs. Hariyanto, Guru SDN Turi 1 Kota Blitar


 

Semenjak adanya pandemi  Covid 19 di pertengahan Maret 2020 ini, pembelajaran di sekolah berubah drastis. Model pembalajaran Jarak Jauh pun diterapkan dan akibatnya banyak alternatif yang sifatnya daring dan luring.

Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Sedangkan pembelajaran luring adalah kepanjangan dari “luar jaringan” sebagai pengganti kata offline. Kata “luring” merupakan lawan kata dari “daring”.Dengan demikian, pembelajaran luring dapat diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi terhubung jaringan internet maupun intranet.

Dalam satu  bulan pertama, terjadi beberapa kebingungan pada semua pihak yaitu guru, siswa maupun orangtua/wali. Isu kesehatan sebagai faktor utaktor utama dalam penyelangaraan pembelajaran, maka semua pihak menghadapi situasi baru. Bagi SD kami termasuk wilayah perkotaan, hampir seluruh siswa memiliki perangkat android, sehingga memudahkan untuk berkemunikasi. Sementara beberapa siswa dengan protocol kesehatan diperbolehkan bergabung dengan temannya atau belajar luring dengan mengambil materi latihan dan tugas di sekolah,

Dari bulan pertama, sebagian besar guru menggunakan fasilitas jaringan media sosial grup Whats App (WAG). Masih menggunakan model tanya jawab biasa dan memberikan tugas biasa, serta menyetorkan tugasnya dengan foto melalui WA.  Cara ini sepertinya mudah diterima oleh semua pihak, Namun seiring waktu, para guru mulai merasakan ada kekurangan ketika melakukan evaluasi dan penilain terhadap tugas siswa, Penilaian yang sering dilakukan menjadi banyak seiring waktu.

Bagi saya selaku Kepala Sekolah terus membantu memberikan solusi dengan menganjurkan mempelajari aplikasi lainnya, seperti Google Form dan Quissy. Ketika ada guru kelas IV yang pensiun saya pun menggantikannya. Saya ikut merasakan beratnya tugas guru ketika melakukan evaluasi dan umpan balik jika selalu menggunakan aplikasi WA. Dengan mempelajari aplikasi Form saya pun langsung menerapkannya, Sungguh luar biasa. DIsamping menyenangkan guru, aplikasi ini juga mnyenangkan siswa, karena merasa mengerjakan soal yang benar-benar model baru, Karena soal dalam Form, dapat disetting nilainya langsung keluar. Saya pun dengan senang hati memberikan rekap nilainya ke grup WA untuk dapat diketahui seluruh siswa, Hal ini adalah surprise karena orang tua menjadi lebih peduli. Sehingga selalu mengusahakan mendampingi anaknya belajar, Ini salah satu sisi positipnya.

Pengalaman menggunakan aplikasi form ini begitu membantu tugas guru terutama dalam mengoreksi soal dan menyusun rekap nilainya. Termasuk di dalamnya dapat dengan cepat memberikan tugas lainnya dalam tampilan foto.

Dalam mempelajari aplikasi baru semacam Google Form ini tidak mudah bagi kami, karena harus mencari berbagai referensi, termasuk you tube, Hasilnya luar biasa, beberapa guru pun mengikuti jejak kami

Google Form merupakan aplikasi gratis bawaan Google yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan, seperti survey, kuis, dan pendataan lainnya. Khusus untuk pembalajaran kita memperoleh manfaat membuat soal dan langsung dengan penilaiannya. Membuat soal pun cukup mudah dan membuka aplikasi juga mudah.

Untuk masuk dalam aplikasi ini, kita bisa melalui sedikitnya 2 cara, yaitu jalan browser denga mengetik “google form”  atau langsung masuk dalam akun kita di pojok kanan atas dari jendela browser google di latop. Disana ada beberapa titik itu lalu kita mencari drive. Jadi kita masuk melalui drive kita masing-masing.

Berikut cara membuat Google Form dengan mudah dan cepat:

1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Google Mail atau Gmail.

2. Akses situs Google Form yaitu https://docs.google.com/forms/. Pilih template formulir yang diinginkan atau sesuaikan dengan kebutuhan. Bisa juga dengan mengklik tanda "+" dengan nama Blank dan background putih.

3. Jika mengaksesnya dari Google Drive, klik menu New di sudut kiri atas lalu pilih More dan pilih Google Formulir. Di samping Google Formulir, arahkan ke panah kanan dan klik Formulir Kosong atau dari Template.

4. Jika sudah memilih template atau membuat template kosong, kamu akan melihat kolom Untitled Form. Klik kolom tersebut dan beri judul pada kuesioner yang akan kamu buat. Kemudian pada kolom Form Description, buat deskripsi yang jelas agar orang memahami maksud dari kuesioner yang kamu buat.

5. Buat pertanyaan yang kamu inginkan dan pilih jenis pertanyaannya. Misalnya Pilihan Ganda (Multiple Choice) untuk jawaban Ya, Tidak, Mungkin atau Lainnya. Kamu juga bisa memilih Jawaban Singkat atau Paragraf untuk jawaban yang membutuhkan deskripsi. Ada juga pilihan Kotak Centang (Checkboxes) dan Tarik-turun (Dropdown).


Untuk menambah pertanyaan, kamu bisa klik tanda "+" di sisi bagian kanan.

6. Kamu bisa membuat responden mengupload file seperti dokumen atau foto dengan menambahkan fitur-fitur yang ada di bagian kanan.

7. Jika sudah menyusun semua pertanyaan yang dibutuhkan, klik tombol Kirim di sudut kanan atas. Kemudian, bagikan link Google Form yang sudah kamu buat kepada responden yang dituju.


Kamu juga bisa memperpendek link Google Form yang dibuat dengan mengklik Perpendek URL dan langsung Copy link tersebut.

8. Untuk melihat hasil kuesioner atau formulir yang sudah dibuat, kamu bisa lihat pada bagian Tanggapan di sebelah kanan bagian Pertanyaan. Kamu akan lihat berapa banyak responden yang telah merespon.

Penjelasan singkat. Penggunaan form  iini jika untuk membuat kuis/soal bagi anak-anak

Google Form menyediakan konsep pembelajaran demikian. Google menjelaskan bahwa Anda dapat membuat, mengirim, dan menilai kuis dengan Google Formulir.
Sedikitnya ada 3 langkah penting yaitu :

1. Cara membuat soal kuis menggunakan Google Form

·         Buka Google Formulir, kemudian klik ikon Plus .

·         Di bagian kanan atas, klik Setelan.

·         Klik Kuis lalu Jadikan ini sebagai kuis.

·         Opsional: Untuk mengumpulkan alamat email, klik Umum lalu Kumpulkan alamat email.

·         Klik Simpan.

2. Cara membuat kunci jawaban, menetapkan poin (nilai) dan menambahkan masukan otomatis

3. Cara memilih tampilan selama dan setelah kuis Kita dapat memilih apakah orang dapat melihat pertanyaan yang tidak terjawab, jawaban yang benar, dan berapa nilai dari soal itu. Berikut caranya:

·         Di Google Formulir, buka kuis.

·         Di bagian kanan atas, klik Setelan.

·         Klik Kuis.

·         Di bagian "Responden dapat melihat", centang kotaknya.


Beberapa keuntungan memakai google form bagi guru :
seperti dibawah ini :

  1. Sangat mudah digunakan. Google Form sangat mudah untuk digunakan, termasuk dalam pembuatan maupun pemakaiannya
  2. Gratis. Anda dapat menikmati layanan Google Form secara gratis.
  3. Programnya cukup ringan. Tidak seperti program lainnya, Google Form termasuk memiliki program yang ringan.
  4. Bisa dibagikan. Kelebihan Google Form yang dapat kita gunakan yaitu dapat dibagikan ke berbagai plaform. Kelebihan ini sangat bermanfaat karena dengan membagikannya , kita dapat membuat semua orang bisa mengisi kuis maupun kuisioner yang telah kita buat untuk mengumpulkan informasi.
  5. Memiliki fitur SpreadSheets. Salah satu kelebihan Google Form yang sangat penting yaitu, Google Form memiliki fitur Spreadsheets Dengan fitur ini pula kita sebagai guru bisa merekap nilai siswa, melihat data dalam bentuk grafik atau diagram lingkaran dengan segala variasinya.

 

Berikut ini merupakan beberapa kekurangannya :

  1. Tidak bisa digunakan pada forum diskusi online.
  2. Tidak bisa menggunakan equation (simbul matematika) dengan secara langsung.

Contoh Kuis kelas 5 :









Contoh Rekap nilai :

 



 

 















Secara keseluruhan google form tetap memiliki beberapa kelebihan, terlebih lagi bagi guru kreatif yang senang dengan tantangan, maka google form memberi ruang untuk berkreasi lebih jauh dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

 

 

Blitar, 28 Oktober 2020

 

 

Lampiran link : http://gurupenggerakindonesia.com.

 

 

Sumber :

 

1.      Google Form Tutorial, Cara Membuat Kuis On line dengan Menggunakan Google Form, januari 2018

2.      https://www.nesabamedia.com/kelebihan-dan-kekurangan-google-form

3.      https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4958975/begini-cara-membuat-google-form-dengan-mudah

4.      Drive pribadi, dokumen form siswa kelas IV SDN Turi 1 Kota Blitar

 

 

Profil   :


        


         

  Nama                       : Drs. Hariyanto

  Jabatan terakhir :  Guru  SDN Turi I kota Blitar

Pernah menjadi guru di Papua, yaitu Timika pada tahun 1992 -2010; 2010  pulang kampung di kota Blitar. Saat ini menjadi guru  di SDN Turi 1. Pengalaman menulis buku masih kerja bareng /antologi . Karya buku  pertama saya adalah  Antologi “ PPDB  Zonasi; Dilema Pendidikan Indonesia” 2020 yang digagas oleh Pak Haji Ahmad Syaihu. Buku kedua antologi KBM Corona “Elearning Menyenangkan Tanpa Takut Corona” Saat ini penulis aktif menulis di Web Gurusiana bersama guru-guru se Indonesia. Tulisan favoritnya adalah artikel, pentigraf , kolom dan akhir-akhir ini mulai menekuni puisi. Blog dipunyai saat ini adalah . https://hariyanto17.blogspot.com/

 

9 komentar: