Sabtu, 11 Februari 2023

Belajar Menjadi Penulis Hebat dari Buku


 Judul Buku                   :  Jurus Jitu  Menjadi Penulis  Handal Bersama Pakar.

Penulis                         ;   Mukminin S.Pd, M.Pd

Penerbit                       :  Kamila Press, edisi ke 3 tahun 2022

Jumlah Halaman        : xvi  +  161 halaman

 

            Judul buku ini sangat menarik,  karena bisa membuat penasaran orang untuk segera membacanya.  Terlebih lagi jika seseorang itu memerlukan pengetahuan dasar untuk menulis.  bukan sekedar menulis biasa,  tapi menulis banyak hal.  seperti menulis artikel,  menulis penelitian tindakan kelas khususnya untuk para guru,  menulis opini untuk media massa, ,  menulis di blog,  sampai akhirnya menerbitkan tulisannya menjadi sebuah buku.

 

            Sesuai dengan sub judulnya buku ini sangat menantang pembaca untuk bisa menjadi penulis yang andal.  ada imbuhan kata bersama Pakar , Karena sesungguhnya buku ini adalah kumpulan tulisan para pakar sesuai bidangnya.  ada yang bidang blogger,  ada bidang PTK,  ada yang bidang artikel ilmiah,  ada yang bidang opini  yang bisa diterbitkan di media koran. Pakar itu dari berbagai profesi, ada guru, dosen, Wartawan, dan berbagai praktisi lainnya.

 

Mengapa buku ini tersusun sedemikian rupa?

Buku ini adalah hasil dari pelatihan menulis melalui wa yang digagas oleh PP PGRI Jakarta bersama Om Jay,  yang saat ini beliau adalah seorang doktor di bidang pendidikan yang mengajar di salah satu SMP swasta yaitu Labschool Jakarta.

 

            Pelatihan ini sangat populer di Indonesia khususnya bagi para guru yang menyukai hobi menulis.  profesi guru memang tidak bisa lepas dari tulis-menulis,  karena sistem perpangkatan guru mengharuskan seorang guru harus membuat laporan penelitian tindakan kelas. Om Jay telah mengawali pelatihan ini dari angkatan demi angkatan.  dan saat ini di tahun 2023 sudah ada 27 angkatan lebih.  Di setiap angkatan selalu menghasilkan sebuah buku semacam buku ini.

            Penulis buku ini Mukminin adalah salah satu siswa pelatihan menulis Yang sukses.  buku ini adalah bukti kesuksesan beliau.  karena dalam pelatihan menulis siswa dianggap lulus juga sudah mampu secara konsisten mengikuti pelatihan sedikitnya 20 kali pertemuan.  Setiap pertemuan diwajibkan membuat resume dari kegiatan pelatihan tersebut sekaligus dimuat di blog pribadinya. Tidak mudah untuk itu dan beliau berhasil membuat resume menjadi sebuah  buku. Biasanya setiap angkatan yang jumlah siswanya  ratusan orang yang lulus hanya beberapa persen saja kisaran 10 - 20 siswa.

 

Buku ini diberi kata pengantar oleh Ngainun Naim.  seorang doktor muda yang saat ini menjadi dosen dan guru besar di Universitas Islam Negeri Tulungagung.  Beliau juga seorang penulis termasuk penggerak literasi,  sekaligus anggota RVL  grup literasi kita ini.

Beliau memberikan kata pengantar dengan judul yang sangat menarik;  Guru,  Kreativitas,  dan Tradisi Menulis Buku.  dalam pengantarnya beliau mencontohkan sosok Abdul Cholik  seorang pensiunan Jenderal TNI yang mengisi hari-harinya di masa pensiun dengan antara lain menulis.

 sudah lebih dari 20 buku karya beliau yang disebut-sebut motivasinya adalah karena hobi menulis sejak kecil. Menurut Pak Cholik hobi itu harus dirawat.  Hobi menulis menurutnya menghasilkan sekaligus bernilai ibadah,  karena bisa mengajak orang untuk berbuat kebajikan melalui tulisan.

 

            Pengantar Ngainum Naim tersebut yang mengangkat kisah Pakde Chalik,  karena beliau ingin membandingkan bahwa seorang guru juga mempunyai potensi potensi yang besar dalam bidang menulis.  dan ini patut dikembangkan terus.  dan penulis buku mukminin ini adalah salah satu contoh seorang guru yang merawat hobinya sekaligus berhasil menulis beberapa buku.  Hal ini patut dicontoh oleh para guru lainnya atau para penulis pemula.

 

Bagaimana orang bisa sukses menulis buku Misalnya.  salah satu kuncinya adalah kreativitas.  strateginya boleh berbeda-beda,  karena itu menyangkut permasalahan yang dihadapi personal berbeda-beda pola.  Namun di sini Mukminin  adalah salah satu contoh sosok guru yang berhasil mengembangkan budaya literasi menulis buku.  dan buku inilah kreativitas Mukminin yang berhasil mengumpulkan catatan-catatan kecilnya menjadi satu rangkaian pedoman menulis yang sangat bagus.

 

            Ada Lima Langkah praktis yang bisa ditempuh oleh manusia unggul,  istilahnya manusia yang kreatif dan mau menjadi sukses.  dalam pengantar tersebut mengutip tulisan M Iqbal Dawami (2012) :  pertama mencari dan menentukan kita inginnya Unggul di bidang apa,  kedua mencari roll model, atau contoh yang bisa diteladani.  dalam kasus ini tentu sosok Mukminin patut dijadikan roll model,  termasuk sosok Pakde Cholik,  ketiga melakukan identifikasi terhadap pola-pola umum kerja yang dilakukan oleh roll model terpilih,  keempat melakukan praktik secara baik terhadap langkah satu sampai tiga.  kelima evaluasi,  perbaikan,  dan improvisasi.

 

 Selain kata pengantar tersebut,  buku ini juga disusun terdiri dari 28 bab  yang semuanya berkenaan dengan cara sukses menulis, yang dibuku ini diistilahkan jurus jitu menulis. Bab pertama berjudul menulis tanpa ide, Judul yang sangat menggugah.  Bagaimana mungkin menulis tanpa ide.  Nah tentu pembaca ingin tahu lebih jauh seperti apa yang dimaksud. Judul Ini aslinya adalah paparan dari Om  Budiman Hakim  dalam salah satu sesi pelatihan menulis.  Kalau kita ikuti uraiannya sebetulnya bukan tanpa ide tapi lebih pantas disebut menjemput ide.

 Ada dua langkah yang ditempuh yang pertama memanfaatkan emosi.  kedua memancing dengan 6 kata  penting dari panca indera.  misalnya saat itu yang telah dilihat oleh Mukminin atau yang dikenal dengan cak inin  ada enam benda yang ditangkapnya;   kursi,  HP,  TV,  Laptop, kasur,  hujan.   lalu keenam kata tersebut dibuatlah menjadi kalimat. Begitulah intisari dari bab 1 buku ini.

 

Bab 2  dasar menulis;  kata kalimat dan paragraf, Berisi pengenalan berbagai kata dalam satu kalimat dan juga tentang kalimat-kalimat dari sederhana ke yang kompleks lalu untuk sebuah paragraf.  pada bab 3.  berjudul rahasia menulis dalam kesibukan.  nah ini termasuk tulisan yang cukup panjang dan sangat menarik. Tulisan ini adalah hasil resume dari kuliah di sekolah penulisan itu dari bapak Muhammad Khoiri founder RVL grup kita ini.  tulisan ini diangkat dari judul buku beliau yang berjudul SOS.   kepanjangannya adalah sopo ora sibuk. Kalau diterjemahkan bahasa Indonesia artinya adalah siapa orang yang tidak sibuk.  pada dasarnya semua orang punya kesibukan yang luar biasa.  maka ada salah satu buku tulisan Ahmad Rivai Rifan dengan judul Tuhan maafkan kami sedang sibuk…… bukunya sangat laris karena yang sebetulnya sindiran sebuah Ironi bahwa seharusnya manusia itu berdzikir kepada Tuhannya malah sibuk melupakan  Tuhan.

 

Manusia itu subjek tanpa kata kerja subjek hanyalah entitas yang mati tanpa makna kontekstualnya.  dalam konteks ini  Sesibuk apapun kita harus menulis.  satu motivasi yang luar biasa di buku ini.

 Dalam Bab 3 pola disebutkan ada 17 strategi jitu untuk sukses menulis.  hal ini sudah dimuat dalam buku SOS.  Rinciannya berikut : 1)  tetapkan niat menulis, 2)  rajinlah membaca, 3)  gunakan alat perekam gagasan, 4 )  kobarkan inspirasi menulis, 5) Tentukan waktu utama, 6)  untuk pemula menulis bebas, 7)  menulis di dalam hati, 8)  menulis di waktu utama, 9)  memanfaatkan waktu luang, 10 )  menulis yang dialami, 11)  menulis yang dirasakan, 12)  menulis Selaras minat dan pekerjaan, 13)  menulis dengan riang, 14)  menulis yang banyak, 15)  read better write faster, 16)  Buatlah motto yang dahsyat, 17)  menulis dengan doa.  karena 17 hal ini sangat penting maka saya muat dalam resensi ini sebagai bagian dari bab 3.

 

            Bab 4 membahas momen spesial saat mengajar  yang disampaikan oleh Bapak Munif Chotib.  hampir sama dengan bab 3 intinya adalah petunjuk praktis untuk bisa menulis dengan baik. Seperti saran beliau tahapan dalam menulis spesial jika ada satu momen 1 rekap catat atau rekam yang kedua elaborasi mencari data pendukung terhadap moment special.  menulislah yang inspiratif sehingga bermanfaat bagi banyak orang.

 

            Bab 5 Belajar Membuat Blog

Membuat blog adalah  satu hal penting bagi seorang penulis.  setidaknya tips dari Dedi Dwigatama,  menyampaikan dalam bab ini 9 manfaat blog;  1)  1 berbagi pengetahuan , 2)   mengasah kemampuan menulis,   3)  belajar menghasilkan uang secara online, 4)  membangun jejaring, 5)  menjual produk, 6)  pekerjaan yang lebih baik, 7)  manfaat blog untuk bisnis, 8)  bangun kepercayaan, 9)  Dapatkan lebih banyak pelanggan. Selain itu   media blog atau YouTube adalah fasilitas luar biasa Untuk Kita meninggalkan jejak agar bisa dikenang anak cucu kita dan semesta Raya terutama untuk hal kebaikan.

 saya selaku per resensi bisa menambahkan manfaat blog itu antara lain bisa untuk tabungan tulisan kita yang sewaktu-waktu bisa kita ambil. Misalnya untuk membuat sebuah buku.

 

 Bab 6  Kuatkan Niat Untuk Menerbitkan Buku.

Tulisan ini diangkat dari buku Om  Jay.  yang berjudul catatan harian Seorang guru blogger.  seperti kita ketahui Om Jay yang dikenal Wijaya Kusuma,  seorang guru sekaligus seorang blogger yang terkenal.  dengan suksesnya sebagai blogger telah mengangkat dirinya memenangkan berbagai perlombaan,  termasuk lomba  guru dalam berkreativitas.  beliau sempat mendapat sejumlah uang dan kesempatan belajar di luar negeri yaitu negeri Cina.   dengan profesi itu beliau juga sempat bertemu langsung dengan bapak Presiden Jokowi.  ada mantra penting yang perlu disampaikan Di Sini dari seorang Wijaya Kusuma yaitu menulislah setiap hari dan buktikan Apa yang terjadi.  mantra ini sekaligus juga menjadi salah satu judul buku beliau.

 

 Bab 7.  Menulis Cepat Dan Tepat Di Media Daring Dan Luring

 Disampaikan oleh catur Nurahman Oktavian . Beliau menuliskan 6 tips untuk itu; 1) Kita harus mengalahkan dulu dua musuh utama dalam menulis rasa takut dan malas, 2)  setiap penulis yang baik tentu tidak membutuhkan “mood”, 3)  menulislah dengan simple dan apa adanya, 4)  menulis hal yang aktual dan sesuai gaya selingkung media yang dituju itu kunci sebuah tulisan diterbitkan, 5)  jadilah dirimu sendiri Ketika menulis, 6)  tuturkan segala yang ada secara sederhana dan cara anda.

 

 bab 8, BBBMS Adalah Siap Menerbitkan Buku

 Disampaikan oleh doktor uswadin kepala Labschool Jakarta.  tips menumbuhkan kreativitas menurut beliau kita harus banyak baca tulisan orang lain dan mencari literatur pendukung baik dari teks maupun internet.  kemudian kita ramu sesuai kemampuan kita dan gaya menulis kita.  BBMS adalah kepanjangan dari baca, baca,  Baca dan menulis setiap hari.

 

Bab 9 , Menulis Setiap Hari Pasti Terbitkan Buku,  ini adalah paparan dari Dadang Kadarusman . Menurut beliau  membiasakan menulis perlu paksaan tidak usah takut salah yang penting kemauan untuk terus praktek menulis.  mulai menulis itu gampang mulai saja dari sebuah kata yang terlintas dalam pikiran kita.  dan biasakan sebelum menulis berdoa ya Allah apa yang saya harus Tuliskan hari ini bimbing saya ya Allah.”

 

Bab 10.  4R Jurus Menulis Untuk Mengukir Sejarah.  tulisan ini hasil dari pemateri Farah Dina  pendiri tangga edu yang telah menulis 20 judul buku yang berkaitan dengan pendidikan untuk guru dan orang tua serta buku bergambar untuk anak.  menurut beliau menulis itu penting karena menuangkan pikiran bisa dikenang sepanjang masa.

 

Bab 11.  gerakan menulis Sagu Sabu…. sama dengan satu guru satu buku.  materi ini disampaikan oleh Doktor Imam Rosyidi , Menurut beliau sebenarnya tidak ada orang yang tidak bisa menulis buku.  yang ada adalah orang yang tidak mau menulis buku . Menulis itu hanya membutuhkan empat syarat ;  1. mau,  2. tekun,  3 nekat,  4 baca

 

  Bab 12.  Tips Menulis Non Fiksi Dan Menerbitkan Buku

 Di sini kita diajak untuk mengenal dua jenis  tulisan yaitu fiksi dan nonfiksi. Buku fiksi berupa cerpen ,novel,  puisi ,  komik,  dongeng.  karya jenis non fiksi antara lain berita,  esai, catatan perjalanan, artikel informatif,  best practice.

 

 Bab 13.   Tips Jitu Produktif Menulis

Tulisan ini adalah resume dari paparan Ngainun Naim,  seorang doktor dosen yang sekaligus memberi kata pengantar buku ini.  beliau memberikan beberapa tips kunci penting dalam menulis;  antara lain 1)  kunci pertama adalah motivasi,  2)  meyakini bahwa menulis itu anugerah, 3)  menulis itu banyak keajaiban dalam hidup, 4)  tidak mudah menyerah, 5)  berjejaring, 6)  menulis sebanyak-banyaknya.  catatannya kunci tersebut adalah alat Tinggal bagaimana kunci digunakan secara tepat.

 

 Bab 14 Pengalaman Menulis Opini,  bab 15 tips Menulis artikel di majalah Suara Guru,  bab 16 tips menulis di media cetak,  bab 17 cakap menulis dari artikel ke buku,  Bab 18 menulis dan menerbitkan buku digital , Bab 19 4 hal menjadi penulis sukses,  BAB 20 usia senja produktif  menerbitkan lebih 40 buku,  Bab 21,  berbagi pengalaman menulis dan menerbitkan buku.   jika BAB 14 sampai 20  teknis menulis maka  2 bab terakhir  adalah kisah inspiratif yang bisa dijadikan contoh  untuk penulis pemula atau yang baru memulai. Mungkin BAB 21 ini adalah yang terpanjang dalam pembahasannya.  kisah penulis buku ini dijabarkan dengan sangat lengkap. Kisah beliau yang berusia 54 tahun yang justru mulai membuahkan hasil dengan berbagai karya bukunya.  Bagaimana kisah beliau bekerja sama dengan berbagai penulis lainnya untuk bisa menerbitkan buku termasuk untuk saling belajar.  Beliau juga   mendirikan penerbitan buku yang bernama kamila pers. Ada saran untuk bab ini sebaiknya dijadikan sebuah tulisan tersendiri atau buku tersendiri seperti biografi atau autobiografi.

 

            Bab 22 5 Teknik Menguji Artikel Apa Pantas Dimuat Di Koran.  Bab 23 Proses Penulisan  Buku Best Seller Mulai Dari Ide Sampai Ke Penerbit.  Bab 24 Apa Langkahmu Ketika Bukumu Ditolak Penerbit Mayor Bab 25,  Menulis Buku Best Seller Ala Encon Rahman. 3 Bab Berikutnya Mengupas Tentang Cara Menulis Di Penerbitan Andi Yogyakarta Dan Penerbitan Nasional Lainnya.

 

Secara keseluruhan buku ini sangat lengkap.  jika dipakai untuk panduan seorang penulis pemula ini lebih dari cukup.  hal penting yang perlu digaris bawahi setelah membaca buku ini adalah praktik menulis.  teori menulis sudah cukup bahkan disertai contoh-contoh inspiratif beberapa penulis sukses.  semuanya  kembali kepada sang pembaca buku.  jika tekun berlatih dan menulis setiap hari maka tentu akan menemukan kesuksesan di masa yang akan datang.

 

 Dari segi cover atau perwajahan buku ini cukup unik karena menampilkan wajah sosok penulis buku yaitu Mukminin , S.Pd, M.Pd.  yang saat ini sebagai guru  SMP di Lamongan.  tampil di cover menggunakan busana  daerah Jawa,  mewakili asal suku beliau . Dengan latar belakang gambar dari virus Corona.  hal ini menandakan bahwa buku tersebut diterbitkan dalam situasi pandemi Corona yaitu pada tahun 2020.  saat ini buku ini sudah revisi yang ketiga dan mengalami cetak ulang berapa kali dan termasuk buku yang laris.  sudah lebih dari 300 buku terjual yang peminatnya sebagian besar adalah para guru.  mungkin buku ini termasuk yang paling laris dan sukses penjualannya diantara area toko siswa pelatihan lainnya.

 

Ada beberapa catatan yang bisa disampaikan disini seperti jumlah  bab yang terlalu banyak yakni 28 bab. Hal ini memerlukan kejelian dari pembacanya untuk memilih bab yang paling relevan untuk dirinya. Terlalu banyak bab yang membahas tehnik menulis yang pembahasannya mirip, dan senada. Hal semacam itu mungkin bisa diringkas dalam satu bab khusus tentang tehnik dan motiviasi menulis. Sehingga jumlah bab tidak menjadi melar seperti saat ini 28 bab.  Rampingnya bab untuk memudahkan memahami isi suatu buku.

 

Masukan lainnya adalah  dari 28 tersebut belum ada satu bab  yang khusus membahas puisi. Untuk masukannya barangkali bisa dimasukkan pembahasanan salah satunya tentang Puisi 2.0. Masukan berikutnya dalam penulisan Daftar Pustaka ada baiknya dicantumkan beberapa saja pustakan yang benar-benar mendukung buku tersebut. Sedang sumber referensinya bisa di taruh di akhir pembahasan, atau di awal pambahasan, atau bahkan dengan catatan kaki saja.

 

Secara umum buku setebal 160 halaman ini sudah sangat bagus sebagai pedoman penulis pemula, dan sangat direkomendasikan untuk dimiliki oleh pembaca, Kekurangan yang ada mungkin saja akan disempurnakan di edisi berikutnya sehingga menjadikan buku ini semakin sempurna. Selamat dan Bravo untuk Cak Inin, sahabat saya dalam literasi. Sala

 

 

Blitar, 11 Februari 

Hariyanto

11 komentar: