Kamis, 28 Desember 2023

BUKU BARUKU : Pedoman Menulis Puisi 2.0

 Oleh Hariyanto




Data Buku 

                                Judul              : Menulis Puisi 2.0 ; Belajar dari Sang Penggagas
                                Penulis           : Hariyanto
                                Penerbit          :Zahra Publisher  Malang
                                Tahun             ; cetakan 1 Tahun 2023
                                Jumlah Hal     : xii + 122  halaman  + 3
                                Kode buku      : QR Zahra Publisher 2023

Puji syukur kehadirat Allah swt, bahwa penulisan buku ini dapat rampung di ujung tahun 2023 ini. Karya ini sekaligus menjadikan bukti komitmen diri , juga pada grup RVL yang mensyaratkan menulis buku solo sedikitnya 1 tahun sekali. Alhamdulillah hari ini bisa tercapai 2 buku sekaligus dalam satu topik puisi 2.0. Jika ditilik target  harusnya menyelesaikan 3 buku, tetapi banyak hal bisa terjadi di lapangan. 

Tidak banyak buku  tentang cara menulis sebuah puisi 2.0. Buku ini mungkin yang pertama membahas hal itu.  Buku ini mencoba menuliskan semacam panduan menulis puisi 2.0, sebuah jenis puisi pendek yang tersusun atas 20 kata saja. 

Terus terang ketika  belajar puisi 2.0 kita tidak mendapatkan pedoman yang memadai saat itu. Buku ini mencoba menjembatani kelangkaan itu meski pun ditulis tidak seperti biasanya sebuah buku “teori.” Buku ini penulis susun berdasarkan artikel blog pribadi yang ditulis setiap ada hal baru dalam pembahasan puisi 2.0 di WA oleh Sang Penggagas. 

Banyak variasi pembelajaran Menulis Puisi 2.0   seperti  ; judul menggunakan huruf kapital semuanya dan huruf kecil di setiap awal baris-baris puisi ; kita juga disuguhkan secara perlahan fase-fase puisi 2.0. Saat itu teori “Menulis Puisi 2.0” yang terdiri dari 9 fase tidak dibahas keseluruhannya. Namun secara bertahap, sedikit-demi sedikit.

Berita baiknya adalah “Teori Menulis Puisi 2.0.” karya Sang Penggagas dapat dibaca secara lengkap di lampiran buku baru ini. Tulisan ini secara ekslusif diberikan kepada penulis untuk dapat dipelajari lebih lanjut, termasuk untuk pedoman pembelajaran di sekolah. Saya merasakan “surprise” ketika mendapatkan kiriman tulisan khusus ini; dan alhamdulillah diberikan izin untuk dilampirkan dalam buku “Menulis Puisi 2.0 ; Belajar dari Sang Penggagas.” Ini mungkin yang masuk "bonus spesial'" dari buku ini. Hal langka yang sulit ditemukan di penerbitan buku; karena sangat terbatasnya referensi tentang puisi 2.0 ini. 

Puisi 2.0 ini digagas oleh seorang “Guru Penulis” (Teaceherwritter) yang juga pengamat sastra dan budaya dari Garut Jawa Barat pada tahun 2010. Puisi yang semula untuk pembelajaran bagi pemula dan siswa tetapi perkembangannya bisa juga untuk pengembangan diri menulis puisi panjang. Karena itu pembelajar puisi 2.0 ini bisa membuat batu lompatan untuk menulis puisi panjang umumnya.

Sesuai prinsipnya puisi 2.0 identik dengan 1 puisi; 1 objek dan 1 sudut pandang. Sisi praktis inilah menjadi inti kekuatan puisi 2.0; sehingga mudah diikuti , mudah dibuat dan mudah diajarkan kepada para pemula sekali pun.  Jika diajarkan kepada siswa Sekolah Dasar kelas 4, 5, 6 terbukti juga dapat dijalankan dengan baik. Satu saat ini juga menjadi ide penulisan buku berikutnya, insyaAllah.

Pengalaman belajar bersama Sang Penggagasnya Dr. Endang Kasupardi, M.Pd. pada kurun waktu Oktober 2021 hingga Januari 2022 telah memberikan pengalaman luar biasa bagi penulis.  Cara belajar saat itu  berjalan dengan penuh suka cita karena sering mendapat teguran dari Sang Penggagas. Disamping itu  anggota diberi target menulis puisi 2.0 setiap harinya.  Anggota ditekankan menulis sebanyak-banyaknya. Penulis berhasil menghasilkan 200 karya puisi 2.0 saat itu dan membukukannya dalam “Merakit Asa’” (2022).

Pada Februari 2023 penulis dipercaya oleh founder grup penulis RVL (Rumah Virus Literasi) Dr. Moch Khoiri, M.Si untuk memperkenalkan lewat zoom bersama Cak Inin Mukminin sahabat penulis. Saat ini penulis juga mengembangkan pembelajaran menulis puisi 2.0 melalui grup WA  Berpuisi sampai hari ini,  Atas dasar itulah Sang Pengagas  memberikan penghargaan khusus kepada kami (Penulis dan Cak Inin Mukminin) serta mandat kepercayaan untuk mengembangkan puisi 2.0 ini  di berbagai wilayah  dan atau sekolah-sekolah.

Buku ini kami persembahkan untuk pembaca yang senantiasa belajar seumur hidupnya termasuk dalam hal  menulis puisi 2.0. dan telah mendapatkan kata pengantar dari Sang Penggagas.

Semoga pembaca bisa menikmati dan segera berlatih , praktik menulis puisi setelah membaca buku yang berisi pengalaman yang penulis tuangkan di buku ini.

Semoga.

Aamiin.

 

Blitar, 28 Desember 2023

Salam

HARIYANTO

 

Catatan : 

  • Buku masih dalam proses naik cetak, pembaca yang ingin order silakan mendaftar di list yang ada; atau di kolom tanggapan. 
  • Buku  terdiri dari  xi + 122 hal + 3 lampiran dicetak di kertas HVS putih .
  • Khusus edisi promo saat ini dijual dengan harga 50.000 rupiah, (Belum termasuk ongkir) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar