Rabu, 16 Desember 2020

Pentigraf Senyum Parto

 


Parto seorang petugas satpam di sekolah Menengah Atas di kotaku. Sudah 3 tahun ini dia bekerja dengan penuh dedikasi. Setiap kejadian dengan teliti dilaporkannya kepada kepada kepala sekolah. Apa saja hal yang berkenaan dengan kelancaran program sekolah menjadi prioritas tugasnya terutama keamanan dan ketertiban.

            Pagi itu seperti biasa Parto  mengikuti apel  pagi khusus karyawan dan guru di sekolah itu. Kepala Sekolah mengingatkan akan pentingnya program “green school” yaitu program sekolah hijau untuk sebutan sekolah peduli lingkungan hidup . Program baru andalannya adalah mengurangi polutan, dari emisi karbon kendaraan bermotor dengan cara menuntut kendaraan khususnya sepeda motor ketika memasuki gerbang sekolah yang berjarak sekitar 100 meter dari tempat parkir. Bagi pengendara mobil roda empat disediakan tempat parkir dekat pos satpam si Parto. Program ini harus diawasi dengan ketat agar berhasil, tegas kepala Sekolah.

            Sebulan kemudian, seperti biasa apel kembali dilaksanakan. Apel pagi ini menjadi luar biasa setelah Kepala Sekolah mengevaluasi program dengan menunjukkan foto-foto Parto. Hal itu membuat terkejut para guru dan karyawan di sekolahnya. Pasalnya CCTV yang dilaporkan rusak beberapa waktu lalu ternyata  berfungsi baik. Tampaklah  hampir semua pelanggar terekam kamera. Kepala Sekolah memberikan penghargan kepada Parto karena sejak itu  program “green school” berjalan dengan sangat amat  baik. Baru kali ini Parto tesenyum sendirian di Pos .

 

Blitar, 16 Desember 2o2o

Tidak ada komentar:

Posting Komentar