Selasa, 28 September 2021

BUKU BARUKU TAMBAH SATU LAGI

 


Buku Baruku Tambah Satu Lagi

Oleh: Hariyanto

 

Alhamdulillah, di penghujung bulan September 2021  ini buku saya terbit satu lagi. Sebuah buku kumpulan resume hasil pelatihan Guru Menulis bersama Om Jay di progam PGRI. Selama 2 bulan pelatihan melalui WA grup itu berjalan rutin 3 kali seminggu selama April Mei Juni. Sempat memasuki bulan Ramadhan tahun 2021 ini karenanya pelatihan diubah waktunya siang hari pukul 13.00 – 15.00 WIB. Sungguh suka duka yang menggembirakan, karena disini kami berjumpa ratusan Guru seluruh Indonesia yang belajar walau dalam suasana puasa dan melalui media sederhana WA.

Pelatihan yang digagas dan dipelopori oleh Om Jay sebutan Wijaya Kusumah, seorang guru di Labs School Jakarta, seorang kandidat doktor di bidang Teknologi Pendidikan, adalah seorang pekerja keras, blogger nasional dan penggerak literasi guru Indonesia.

Program Belajar Menulisnya sudah sampai gelombang ke 20 dan baru selesai September  ini. Hasilnya puluhan atau ratusan guru menjadi bisa menulis buku. Ratusan guru mempunyai blog, karena resume harus dimuat di blog. Karena salah satu impian Om Jay adalah sejuta guru mempunyai blog dan menulis.

Pelatihan menulis ini dapat dibilang sebuah gerakan inovasi  luar biasa. Karena belum pernah sebelumnya dilakukan. Meski pun hanya melalui media WA Grup bisa melatih ribuan guru seluruh Indonesia. Om Jay yang memulai dan Om Jay menghimpun Tim Guru solid sebagai narasumbernya. Luar biasa.

Hari ini alhamdulillah saya lulus pelatihan di gelombang ke 18. Walau belum mendapatkan sertifikatnya, karena baru kemarin mengajukan. Syarat kelulusan sudah saya penuhi yaitu membuat resume sedikitnya 20 kali pertemuan, dan terakhir membuat resumenya menjadi buku ber ISBN.

Hari ini buku saya berjudul ,”Kiat Sukses Menulis Buku, Belajar dari Para Guru.” Telah diterbitkan oleh Guepedia, sebuah penerbitan online.Buku itu sudah lengkap dengan  ISBN nya yaitu : 978-623-5616-07-0, dengan ketebalan buku 180 halaman ini saya catat juga sebagai laporan ke tim pelatihan....Bung Brian.

Buku ini isinya sangat penting mengingat para narasumber adalah para guru dan dosen yang sukses di bidangnya baik di  literasi maupun di lapangan dan penerbitan, serta prestasi di sekolah yang luar biasa. Sesuai judulnya tulisan semua mengarah kepada tip dan trk menulis yang benar, dan menjadikan tulisan menjadi sebuah buku yang diterbitkan. Tentang pilihan penerbitan juga dipandu di buku ini tinggal disesuaikan medannya.

Menerbitkan buku di penerbitan online gue pedia ini merupakan pengalaman pertama saya, sekaligus mengejutkan saya. Karena prosesnya yang begitu cepat....7 – 10 hari selesai. Bermula dari anak saya yang sudah menulis 2 buku dengan lancar disana, bahkan belum 10 hari sudah terbit tulisannya menjadi buku ber ISBN. Sementara saya selama setahun ini baru bisa menerbitkan buku solo (tunggal) 1 saja. Maka saya pun mencoba langkahnya dan ternyata benar begitu cepat buku saya terbit.  Tidak percaya saya pun cek ISBN saya asli atau palsu ke web perpusnas. Ternyata asli.

Menerbitkan buku dipenerbitan online ini mempunyai plus minus. Ada banyak kelebihan sebenarnya, antara lain layout buku sudah ada templatenya, cover dan ISBN diuruskan, buku dicetakkan, dan buku dipromosikan di berbagai media sosial seperti shoopee, buka lapak, tokopedia , guepediashop di FB dan instagramnya. Ini adalah cara penerbitan masa kini yang mulai ngetrend. Setidaknya  pemasarannya menggunakan cara modern di medsos. Kita juga ditawarkan promosi melalui youtube atau promosi luring. Hasil akhirnya tentunya jika bukunya sangat dibutuhkan orang tentu akan memberikan benefit berupa keuntungan 15 % dari hasil penjualan buku.

Kekurangannya jika dianggap kekurangan adalah kita terikat kontrak 5 tahun tidak diperbolehkan mencetak dan menerbitkan sendiri.

Menerbitkan dengan cara ini ternyata cukup banyak di dunia maya, Silakan dibrowsing, di pranala pasti akan menemukannya. Tinggal penulis menyiapkan naskahnya dalam berbagai genre. Dari pendidikan, novel, puisi, ....dan pentigraf...puluhan genre disediakan. Ribuan buku sudah diterbitkan. Saya rasa ini peluang baru bagi para penulis masa kini.

Harga buku dalam sistem ini telah ditentukan oleh pihak penerbit. Kita sebagai penulis hanya diberi kemudahan membeli dengan potongan harga normal. Kita juga tidak diberikan cetakan bukunya kecuali memesannya. Namun dari pengalaman ini saya menemukan cara baru bahwa menerbitkan buku disini begitu cepat lengkap dengan ISBNnya. Platform penerbit tidak sama, ada yang gratis seperti saya saat ini ada yang berbayar.....dicek saja ketersediaannya. Di Gue pedia ini tertulis ada program gratis sampai tanggal 30 September 2021 di websitenya. DI penerbitan lain belum saya coba lakukan.

Tapi kehadiran buku ini membuktikan, jika naskah kita siap maka tidak sampai 10 hari sudah terbit dengan segala persyaratannya.

Ingin mencoba ?

Kembali pada buku saya berjudul  Kiat Sukses Menulis Buku, Belajar dari Para Guru, semula saya beri judul Kita Sukses Menulis Buku, dari Sang Guru. Maka dalam benak saya ada pertimbangan di kata Sang Guru.....seandainya buku saya”meledak” dan diterjemahkan ke bahasa asing. Kata Sang Guru menjadi apa ? Tentu kesulitan....apa cukup dibilang A Teacher ? Padahal maksudnya adalah para guru banyak orangnya. Mereka adalah hebat di bidangnya. Karena judul terakhir itulah pilihan saya. Karena dalam benak terdalam saya, buku saya harus bermanfaat. Harus bermakna. Siapa tahu mudah juga dialihbahasakan.

Kayaknya cita-cita kita sama ya ?

 

Blitar, 28 September 2021

Hariyanto

4 komentar:

  1. Alhamdulilah Pak... Selamat untuk buku insyaAllah bermanfaat. Aamiin...

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berbagi. Ada banyak pilihan penerbitan, ternyata. Cita-cita, saya kira sama.

    BalasHapus