Senin, 16 November 2020

Logo HGN Itu Akhirnya Muncul






Setelah sempat mengalami kontroversi plagiat, akhirnya logo HSN 2020 muncul juga, diumumkan pemenangnya oleh Kemendikbu pada 12 November 2020 lalu. Padahal sebelumya akan diumumkan tanggal 10 November 2020. Logo yang diduga plagiat itu telah dianulir karena mirip dengan simbul pada acara tertentu  di luar negeri.

Seorang pengguna Twitter, mengunggah sebuah logo dari sebuah acara Gereja di Brazil, yang sama persis dengan logo pemenang sayembara logo  HGN. Secara grafis, nyaris tidak ada perbedaan pada keduanya. 

Logo menurut wikipedia merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaandaerahorganisasiproduknegaralembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

Logo memiliki 5 unsur yang harus dipenuhi. Yaitu:

1.     Kesatuan (berhubungan)

2.     Dominasi (daya tarik)

3.     Irama (berkesinambungan)

4.     Proporsi (enak dipandang)

5.     Keseimbangan (sama)

Logo yang baik bisa mewakili produk atau perusahaan dan juga mudah diingat.

Sehubungan dengan peringatan Hari Guru Nasional Kemendikbud baru-baru ini mengadakan sayembara logo untuk maskot HGN. Karena bertemakan kegiatan seorang guru maka pemenangnya adalah logo yang berkaitan dengan pembelajaran jarak jauh seperti situasi kondisi saat ini.

Kemendikbud mengapresiasi masukan berbagai pihak mengenai sayembara logo Hari Guru Nasional (HGN) 2020. Dengan mengedepankan prinsip transparansi, independensi, akuntabilitas, dan orisinalitas dalam proses penjurian, dengan ini panitia mengumumkan pemenang Sayembara Logo HGN 2020.

Pemenang Sayembara Logo HGN 2020 adalah Teguh Prasongko E. (DKI Jakarta).

Makna Logo

Logo menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala di tengah kondisi pandemik saat ini. Elemen-elemen desain yang terdiri dari figur pak guru, ibu guru, serta siswa dan siswi yang digambarkan sedang memakai masker, tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pemanfaatan teknologi digambarkan dengan simbol-simbol wi-fi, laptop, telepon seluler, serta aplikasi telekonferensi, yang memiliki relevansi kuat dengan kondisi aktual saat ini sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar.

Sementara bentuk hati, menggambarkan seluruh komponen pendidikan mulai dari guru, murid, hingga orang tua, yang bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta guna memberikan hasil yang terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Empat peserta yang mendapatkan apresiasi dalam Sayembara Logo HGN 2020 adalah sebagai berikut:

1. Asep Wawan Suwandana (Jawa Barat)

2. Ramandhika Septa Yoga (Jawa Timur)

3. Reni Nur Safitri (Bengkulu)

4. Syamsul Fajri (Sulawesi Selatan)

Logo

 

Sumber : https://gtk.kemdikbud.go.id

Blitar, 16 November 2020

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar