# SelasaBerbagi
Setelah melihat contoh tantangan dari Blog beliau Pak Sudomo saya berusaha
mengikuti alur melalui tabel contohnya. Saya copas dan langsung saya isi “cerita”
versi saya. Ternyata ceritanya bisa mengalir seolah mau terjadi di depan mata
kisahnya. Cukup seru dan menarik ilmunya. Terimakasih Pak Sudomo yang telah
berbagi ilmu hari ini.
Di tantangan pertama saya mengikuti saja tetapi tidak mengerjakan tugasnya,
namun ilmu “premis” cukup mengesankan. Sehingga sekarang hampir di awal kisah
saya berusaha membuat premis, yang seperti rangkuman tetapi cluenya masih
disembunyikan.
Semoga tantangan kali ini tulisan tugas ini sesuai harapan “Pak Gurunya”.
Aamiin.
Alur/Plot #SelasaBerbagi
Unsur Alur/Plot Uraian
Pengenalan
Cerita Sukardi, seorang
Kepala Sekolah Dasar di kota kecil yang selalu ingin membuat sekolahnya maju
dengan berbagai idenya.
Awal
Konflik Dalam satu rapat guru
Sukardi membeberkan program baru gerakan literasi sekolah. Karena yang dihadapi
banyak guru senior seperti Bu Tatik 2 tahun lagi pensiun langsung menyatakan
tidak setuju. Guru lainnya tampak juga menunjukkan ketidak setujuan itu. Pak
Broto yang tinggal 2 bulan pensiun tenang saja.
Menuju
Konflik Kepala Sekolah
tetap bersikeras akan menjalankan programnya, tetapi sekali lagi dengan alasan
usia dan tidak mampu IT Bu Tatik menentang keras. Guru muda seperti Bu Nani tidak
mau berpendapat cenderung tidak mau karena segan dengan guru senior. Pandemi
Corona juga dijadikan alasannya.
Konflik
Memuncak atau Klimaks Bu Tatik
balik menuduh Kepala Sekolah sengaja membuat “sulit” guru dan membuat pusing
guru yang sudah tua. Pak KS emosi dan meladeni tuduhan itu dengan mengatakan
tidak beralasan. Rapat memanas dan terbelahlah dua kubu di rapat itu yang menentang dan yang diam,
dalam arti abstein.
Penyelesaian
atau Ending Pak Broto dengan
bijaksana, memberikan jalan tengah agar kelasnya Bu Tatik yang tidak setuju
untuk sementara tidak diberlakukan program itu.Pak Broto juga berusaha
menjernihkan suasana akan pentingnya persatuan untuk memajukan sekolah. KS
menerima dan tetap akan menjalankan GLS nya dengan pengecualian kelas 2 dengan
walinya Bu Tatik
Penokohan
Tokoh |
Nama Tokoh |
Watak Tokoh |
Protagonis |
Sukardi |
Kepala Sekolah SD yang idealis
dengan banyak program barunya, selalu ingin membuat sekolah maju. |
Antagonis |
Bu Tatik |
Guru senior yang tinggal 2 tahun
lagi pensiun yang pendapatnya selalu ingin dituruti.. |
Tritagonis |
Broto |
Guru yang tinggal 2 bulan pensiun
berwawasan luas, memberi solusi atas keributan |
Figuran |
Nani |
Guru baru yang cenderung tidak
berani berpendapat untuk ide kemajuan sekolahnya |
Catatan dari
suhu. ( saya copy dari blog beliau)
·
Watak tokoh bisa ditulis dengan satu atau lebih cara penokohan (analitik,
penggambaran fisik dan perilaku tokoh, lingkungan tokoh, tata bahasa tokoh,
jalan pikiran tokoh, atau penggambaran oleh orang lain);
·
Semakin lengkap watak dituliskan, akan semakin memudahkan dalam menjabarkan
karakter dalam cerita pendek.
Demikian contoh jawaban tantangan dalam #SelasaBerbagi edisi 19 Januari
2021.
Semoga bermanfaat!
@Blitar, 19 Januari 2021
Mantap, Pak Hariyanto! Semangat melanjutkan ke pertemuan ketiga hingga akhir, ya!
BalasHapusTerimakasih Pak Mo. Siap lanjutkan
HapusMaster Mamo, trimks ilmunya keren... Nanti ibu mau beajar
BalasHapusYa Bu semangat
HapusMaster Haryanto, trimks ilmunyq keren...
BalasHapusTerimakasih Bu semangat
HapusMantap
BalasHapusTerimakasih Bu . salam sukses
HapusSaya pikir ini sudah mantul tinggal dieksekusi..
BalasHapusSiap Bung,....
HapusSudah bagus nih...ditunggu cerpennya
BalasHapusTerimakasih Bu
Hapussiap baca cerpen utuhnya
BalasHapusTerimakasih Bu Nunung
Hapusbagus-bagus yang sudah menyelesaikan tantangan selasa berbagi..termasuk Pak Hariyanto. di tunggu cerpennya.
BalasHapusSemangat Bu
HapusMantap Pak. Tinggal eksekusi cerpennya.
BalasHapusKeren pak suka dan duka di sekolah. Di tunggu cerpennya pak.
BalasHapus