Selasa, 27 Juli 2021

JADILAH GURU KREATIF DENGAN BLENDED LEARNING

 


JADILAH GURU KREATIF DENGAN BLENDED LEARNING 

#Hariyanto_ulasan pendidikan


SALAM LITERASI

Sudah lebih 1 tahun pembelajaran di sekolah berlangsung secara daring ( dalam jaringan) ada beberapa pembelajaran secara luring (luar jaringan).

Ada banyak hal baru dalam PBM daring, antara lain perubahan dari kelas nyata menjadi kelas maya. Dri PTM menjadi bertemu melalui media. 

Banyak alat daring yang di rekomendasikan antara lain menggunakan akun pembelajaran untuk guru dan siswa ; belajar.id. Akun ini resmi dan bisa sikron masuk dapodik dan SIM PKB. Jadi akun ini cukup baik untuk digunakan. Karena dalam akun itu bisa digunakan dengan berbagai apliasi sepeti meet, classroom dll.

Disini diberi alternatif kelas berbalik. Ketika PBM sinkron bertemu guru langsung, guru banyak menerangkan konsep,  dan ketika Asinkron harus dibalik cara dan tehniknya harus ditonton beberapa hari sebelumnya lalu diskusi. Karena bahan dan materi sudah diberikan secara video yang dibuat beberapa hari sebelumnya. Jika dalam belajar daring dengan moda asinkron siswa hanya mendengar dan menonton dan menanggapi secara on line dan mendiskusikan.  Karena wajah guru muncul maka dalam model daring bisa dilangsungkan tanyajawab. Guru menjelaskan video yang bisa dicorat coret dan diubah jadi format pdf, bisa dishare ke siswa untuk dipelajari lebih lanjut, materi yang sudah dicorat-coret penjelasan guru.

Beberapa aplikasi pembelajaran juga harus dikenalkan ke guru, agar berbagai aplikasi digunakan secara tepat. ...Transformasi tehnologi dan kebutuhan manusia berubah semua. Dulu kebutuhan pokok cukup Sandang pangan Papan, sekarang tambah Colokan dan Internet. Guru juga harus ber transpformasi digital....yaitu merubah dirinya menjadi kepompong di masa pandemi dengan belajar penuh, ketika pandemi selesai maka guru sudah menjadi kupu-kupu.

Untuk lebih jelasnya penjelasan ini bisa ditonton videonya berikut 
https://www.youtube.com/watch?v=hUjq2y2nZ80




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar