Selasa, 08 Juni 2021

Literasi Digital 2021











Selama sepekan ini rupanya ada acara serentak hampir diseluruh wilayah Indonesia webinar khusus membahas literasi digital. Banyak narasumber hebat yang berpengalaman menyampaikan materinya. Baik itu mengenai tinjauan psikologi, aplikasi, etika bermedia sampai penggunaan praktis media sosial. 

Om Jay atau Wijaya Kusumah, seorang blogger nasional juga guru IT kebagian keliling kota di Provinsi Jawa Timur. Beliau selalu berusaha memperbarui materinya, dan setelah di Banyuwangi, Gresik besok ke Bojonegoro. (tentu saja secara virtual). Namun acara tetap berlangsung asyik karena diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo, dijamin saluran zoomnya stabil.

Materi Om Jay senantiasa dibagikan ke berbagai grup medsos yang beliau ikuti. Beliau memang rajin sekali sharing pengalaman. Semboyannya dalam menulis setiap hari tidak perlu diragukan lagi. Semboyan itu telah dipatri dalam salah satu judul bukunya yang terkenal, " Menulislah Setiap Hari Buktikan Apa yang Terjadi."

Jika ditilik tulisannya memang terbukti beliau tidak pernah sekalipun meninggalkan kegiatan menulisnya, kecuali dalam keadaan yang sakit tidak bisa berbuat apa-apa. Karena kenyataannya disaat lemah tatkala terkena paparan virus Corona 19 beberapa waktu lalu, justeru mampu menulis dan menerbitkan buku yang berkisah tentang Corona 19. 

Malam ini untuk persiapan besok Kamis 10 Juni 2021 di Bojonegoro berceramah di media masih sempat menulis dan berbagi buku tentang Etis Bermedia Digital. Ada link di dalam tulisan ini jika ingin mendownloadnya. Beginilah tulisan beliau malam ini :

Makin Cakap Digital


Selama seminggu ini saya diminta untuk menjadi narasumber Indonesia semakin cakap digital. Kegiatan dilaksanakan serentak di 514 kabupaten kota dan 34 Provinsi. Saya kebagian wilayah provinsi Jawa Timur.

Kesempatan ini tidak saya sia siakan untuk menimba ilmu yang baru. Jadi sebelum tampil saya belajar dulu. Mencari informasi penting dan baru buat saya sampaikan kepada para peserta. 

Sampai malam inipun saya masih mencari hal baru yang bisa saya sampaikan. Saya berharap apa yang disampaikan bermanfaat buat peserta literasi digital.

Literasi digital itu penting. Kita perlu mempelajarinya. Mulai dari bermain di media sosial sampai menjaga keamanannya. 

https://drive.google.com/file/d/1zg3HR-6RYcukW7o7c0BcO99JdnAtDCVx/view

Dampak positif dan negatif pasti kita temui. Kita ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Malam ini saya membaca modul etis bermedia digital. Materi ini akan saya sampaikan pada tanggal 10 Juni 2021 di kota Bojonegoro. Semoga saya bisa menyampaikan materi selama 20 menit dengan baik. Mohon doa dari pembaca.


Salam blogger persahabatan

Omjay

Blog http://wijayalabs.com

Disini buku tersebut saya tempel dalam blog ini. Semoga bermanfaat . Aamiin

SALAM LITERASI


Blitar, 8 Juni 2021

link dwload  : https://drive.google.com/file/d/1zg3HR-6RYcukW7o7c0BcO99JdnAtDCVx/view



6 komentar:

  1. Omjay memang dahsyat, ya ... Senantiasa berbagi. Sebagaimana Pak Hariyanto yang juga senang berbagi. Terima kasih, Pak.

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berbagi ilmu pak...salam kenal

    BalasHapus
  3. Keren... Tulisannya, trimks share ilmu yg luar biasa

    BalasHapus