Membangun Personal Branding Blog
# Hariyanto
Malam ini topik tentang Personal Branding Blog dibawakan oleh
Namin AB Ibnu Solihin dengan moderator Sri Sugiastuti. Tehnik pelatihan kali
ini berbeda lagi dengan sebelumnya yaitu
sedikit penjelasan lalu latihan mengisi semacam rancangan singkat branding blog.
Bagaimana sebuah blog bisa berkembang dan sangat digemari
pembacanya ? Jawabnya bisa menjadi banyak sisi, namun intinya blog harus
diisini dengan teratur dengan tulisan yang bermutu. Agar mendapatkan pembaca yang
banyak maka diperlukan “usaha” memperkenalkan blognya. Mengenalkan blog melalui
berbagai media lainnya semisal FB, Instagram, twit, dll itulah yang dinamakan
branding.
Ada dua istilah yang perlu dibedakan yaitu brand dan
branding. Brand adalah merek dagang (itu aslinya); kini berkembang menjadi
merek tertentu bahkan untuk lembaga tertentu. Sedangkan branding adalah usaha atau proses
memperkenalkan brand kepada pembaca atau khalayak ramai agar dikenal melalui
berbagai saluran media massa yang dimiliki.
Namin AB Ibnu Solihin juga dikenal sebagai founder motivatorpendidikan.com, Motivator
& Trainer Pendidikan, Pembicara Seminar Parenting, Konsultan Branding
Sekolah, Dosen, Blogger Pendidikan, Penggiat Pendidikan dan Ayah dari 3 Putri
dan 1 Putra yang hidup tanpa Gadget, Televisi dan Bioskop.
Lebih dari 15 tahun telah berkarier dalam dunia training,
baik sosial maupun professional. Sejak Tahun 2015 telah berbagi Inspirasi di
Lebih dari 250 lembaga Pendidikan, NGO, Komunitas dan Perusahaan diberbagi Kota
dan Pelosok Indonesia.
Ditahun 2012 Namin mulai melakukan Branding bagi dirinya
sendiri, Ilmu Branding dipelajarinya secara otodidak sejak tahun 2007.Selama
perjalanan menjadi Guru dan Kepala Sekolah Namin banyak membuat Ide dan Gagasan
untuk mengembangkan sebuah sekolah sperti medesign logo, membuat kegiatan yang
menarik, dan mendesign kurikulum. Pada awal-awal ide dan gagasanya banyak
ditentang oleh pihak-pihak tertentu, karena dianggap keluar dari jalur
kebiasaanya, namun lambat laun akhirnya ide dan gagasannya bisa terima dan
akhirnya Namin berhasil melakukan Re Branding pada berbagai sekolah yang di
dampinginya.
Membranding diri tidaklah mudah, itulah kenyataan yang
dialami oleh Namin tercatan tahun 2012-2015, Namin melakukan beberapa kali
Branding untuk dirinya namun hasilnya tidaklah memuaskan. Namin pernah
membranding dirinya sebagai founder @guruberakhlak dengan mendirikan
guruberakhlak.com, founder @gurubicara dengan mendirikan gurubicara.com,
founder @bisaberbagi dengan mendirikan bisaberbagi.com, founder
@komunitasguruinspiratif dan beberapa branding lainnya.
Hingga akhirnya ditahun 2014 Namin mulai menjadi Trainer dan
Motivator Pendidikan secara professional dengan Branding Motivator Pendidikan
Kreatif dan membuat blog motivatorkreatif.wordpress.com.Pada tahun itu jadwal
trainingnya sudah mulai padat, tema-tema yang dibawakan adalah “Mendidik
Dengan Keteladan dan Cinta” tema ini diambil dari buku yang ditulisnya dan
tema-tema pendidikan lainnya. Hingga akhirnya tahun 2015 Namin harus memutuskan
jalan terbaik baginya, dengan prinsip “Wajib dapat uang halal” maka Jabatan
Kepala Sekolah, Guru, dan Sertifikasi guru ditinggalkannya, karena Namin tidak
mau mendapatkan uang tersebut sementara dirinya tidak mengajar dan tidak hadir
jadi kepala sekolah serta dengan atas dasar kemaslahatan yang lebih banyak agar
ide dan gagasan Namin dalam dunia pendidikan dapat dirasakan oleh guru
diseluruh Indonesia.
Ilmu branding akan diperkenalkan malam itu dengan memberikan
contoh sebagai berikut :
Contoh membangun Bran dan Branding adalah sebagai berikut :
Contoh : Brand (Merek) Blog dan istagram motivatorpendidikan.com :
1. Nama Blog dan Instagram : motivatorpendidikan.com
2. Identitas (Logo dan tulisan dominan warna merah, yang
mencerminkan nilai semat)
3. Fokus pada dunia pendidikan ( Training, Seminar dan
Worksop)
4. Fokus Materi ( Training Guru Kreatif, Seminar Parenting,
Motivasi Pelajar dan Mahasiswa, Branding Sekolah)
5. Konten tulisan berisi artikel pendidikan dan foto-foto
kegiatan training.
Contoh : Strategi yang dilakukan dalam membangun Branding Blog dan istagram
motivatorpendidikan.com dengan cara :
1. Membuat blog dan media sosial yang mudah dibaca dan
diingat oleh orang yaitu motivatorpendidikan.com.
2. Mengisi konten Blog dan Media sosial dengan tulisan –
tulisan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, sehingga segmentasi
jelas, bahwa pembaca yang akan berkunjung adalah mereka yang membutuhkan konten
tersebut.
3. Membuat poster dan video yang berkaitan dengan motivasi
pendidikan.
4. Membuat kaos yang bertuliskan motivatorpendidikan.com
5. Mengadakan pelatihan Gratis dari motivatorpendidikan.com
sebagai sarana memperkenal Brand (merek)
6. Mengadakan perlombaan menulis buku yang diselenggarakan
oleh motivatorpendidikan.com
7. Membagikan secara gratis ribuan video pendidikan kepada
para follower atau peserta kegiatan seminar.
Unsur-unsur dalam branding diantaranya adalah:
a. Nama merek atau brand : Motivatorpendidikan.com
b. Logo (Tulisn dan Logo ).
c. Tampilan visual Blog dan Medsos (lihat website
motivatorpendidikan.com, Simple, informati dan SEO Friendly).
d. Juru bicara (Namin AB Ibnu Solihin : Founder
motivatorpendidikan.com).
e. Suara (Memiliki ciri khas ketika membuka sebuah training).
f. Slogan/Tagline/Akronim: Tecaher Learning Partners).
Jika kita sudah berhasil membangun branding, maka kita sebagi founder secara
personal juga terbangun brandingnya, maka dikenal dengan istilah personal
branding. Public akan mengenal dari merek kita, cara bicara kita, pembawaan
kita saat menyampaikan seminar, dan cara berpakaian.
Untuk membangun branding sekali lagi harus totalitas dari banyak hal termasuk
nama email contoh : infomotivatorpendidikan@gmail.com
Membangun branding lewat Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com
Ilmu tak melulu didapat dari sekolah saja. Pengalaman sehari-hari juga bisa
dijadikan ilmu untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Itulah
mengapa, penting bagi seseorang mencari ilmu dengan baik dan tekun. Selain itu,
dalam mencari ilmu juga harus penuh semangat agar tak sia-sia dalam belajar.
Sebagai clossing statement malam itui beliau memberikan pesan
“Teruslah bersemangat untuk menulis melalui Blog dan Media Sosial. Luruskan
niat untuk berbagai kebaikan. Tidak ada hasil yang instan, semua butuh proses
perjuangan. Apa yang kita tulis hari ini, kelak kita akan menuai hasilnya. Teruslah
menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.”
Pribadi yang hebat adalah mereka yang terus mau belajar
memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan
meneladani.
Blitar, 4 Juni 2021
Hariyanto
Resume ke : 22
Hari tgl :
Jumat, 4 Juni 2021
Pemateri :
Naim AB Ibnu Sholihin
Topik :
Personal Branding Blog.
Link
Video 1. https://www.youtube.com/channel/UCDOPzq1XzFeT4796mhczHiw
Link Video 2 . https://youtu.be/Z_JFvu0LCeg
Wah mantul sekali resumnya pak.. 👍👍👍
BalasHapusTerimakasih Pak Samsul. Salam literasi
HapusKeren nih resumenya. Semangat resumenya sudah layak dijadikan buku.
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih Bu Salamliterasi
HapusMantap resumenya. Semangat selalu ya pak..
BalasHapusTerimakasih Bu Salam literasi
Hapus