Kamis, 25 Februari 2021

Membuat Puisi Darik Patidusa Kisah Berliterasi

 




Alhamdulillah di kesempatan Kamis Menulis hari ini, diberikan tantangan amat bebas. Karena kita disuruh mengamati gambar, ada jagung sudah dipotong kecil-kecil, mentimun disayat kecil-kecil dan kacang panjang juga dipotong kecil-kecil, dan semangkok berisi 2 telur ayam siap digorang. Saya membayangkan akan ada masakan sayur asam siang ini. Uh betapa segarnya makan siang nanti. Dan berlauk telur goreng...... Sayang digambar tidak kelihatan cabe untuk sambal terasinya. (Mungkin cabe sedang mahal ya)

Ide pun bergulir, secara tidak sengaja melihat halaman Media Guru kok ada lomba cipta puisi diundur, karena pesertanya masih kurang 200 an. dari target 1000 guru penyair. Temanya cocok dengan buku yang saya persiapkan yaitu Literasi dan Pendidikan. Tetapi begitu melihat DL nya, "asem," eh maaf alhamdulillah harus dikirim hari ini 25 Februari 2021 jam 23.59 WIB. 

Sudahlah sayur asem saya lupakan dulu.

Saya pun mencoba menulis puisi darik dengan tema tersebut. Kebetulan pikir saya. Kan mudah dituangkan dalam puisi Darik......puisipun saya  susun, Wah lancar sekali. Dibatasi 2 halaman saja tidak boleh lebih tapi masih ada halaman sisa....saya pun gabungkan dengan patidusa. Paslah genap 2 halaman ukuran kertas A 4 font arial ukuran 12 margin normal. Alhamdulillah selesai.

Sekarang setiap menulis Darik saya terbayang pencetusnya Mazmo salah satu admin Lagerunal. Maka dalam tulisan singkat di FB MediaGuru saya sisipkan " sambil memperkenalkan puisi Darik ."

Tulisan ini pun rencana saya sisipkan dalam  buku saya nanti. Harapannya, dalam buku yang mengulas karya nonfiksi.....harus disisipi puisi agar ada variasi dan penyegaran.  Semoga harapan itu terjadi. Aamiin.

Sahabat semua disini. Inilah puisi Darik yang saya tulis malam ini. Mohon doanya agar bisa lolos di lomba Media Guru itu nggih. 

Salam Literasi


Puisi Darik Patidusa  # Kisah Berliterasi

@ by hariyanto

.

Berliterasi

Sungguh luhur

Sungguh bermartabat

.

Jika mampu maknai

Jika mampu pahami

Makna dalam kandungannya

.

Bukan untuk kita Guru

Mengajar untuk pembelajaran siswa

Menuntun pada jalan terang

Nun jauh melompati zaman

..

Literasi baca lalu menuliskannya

Dasar dari pembuka pengetahuan

Penjunjung martabat tingginya insani

Menuju derajat agung pada-Nya

.

Lalu kemudian beramal

Torehkan ilmu manfaat

Ilmu berbakut ketaqwaan

.

Literasi pembuka

gelapnya kebodohan

.

Bacalah

.

Tulislah

Atas Nama-Nya

Atas Nikmat-Nya

.

Atas nama Literasi

Pendidikan oleh Guru

Guru bersama siswanya

.

Berbaur Gerakan Literasi Sekolah

Membentuk pribadi karakter terpuji

Membuka wawasan kemampuan diri

Memberikan nilai tambah kebermaknaan

.

Berpacu

Warnai Literasi

Dunia pendidikan

.

Maju bersama keluarga

Maju bersama masyarakatnya

Maju bersama bangsanya

.

Literasi harus mewarnai generasi

Membalut rapi kesiapan diri

Menyongsong abad depan nanti

Jiwa Pancasila harus terpatri

.

Literasi

Baca Tulis

Mendasari semua aspeknya

Numerasi, Media, Finansial, Kewargaannegara

Menyatu dalam kepribadian agung

Terampil membaca menulis

Mengeja kritis

Literat

 

Blitar, 25 Februari 2021


10 komentar:

  1. Semoga haraoan bapak terwujud. Aamiin.. Bagus pak puisi datiknya.. Pingin juga membuat puisi darik.untuk menanamkan karakter bagi siswa kita

    BalasHapus
  2. Karya yang membahana pak. Semoga sukses ya pak. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak Imam Syafii apresiasinya. Salam,sukses

      Hapus
  3. Lama-lama mungkin saya tertular patidusa dan darik nan menarik ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah virusnya mulai beraksi nggih Pak D. Salam sukses Pak D

      Hapus
  4. Mata saya melihatnya sebagai Terong, Namun penulis melihatnya sebagai ketimun. Tak apa berbeda, namun bermuara pada tulisan yang luar biasa.

    Ayoo Terus Menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara terong dan timun tipis apalagi jika diiris tipis-tipis. Salam Pak Indra yang rajin ronda SKSS saling kunjung saling sanjung Blog sahabat

      Hapus
  5. Darik yang mantap penuh makna, Pak Hariyanto. Semangat dan sukses

    BalasHapus
  6. Dariknya mantap. Saya salut. Anda layak jadi master darik

    BalasHapus